'/> Ciri-Ciri, Perkembangbiakan Dan Manfaat Bakteri

Info Populer 2022

Ciri-Ciri, Perkembangbiakan Dan Manfaat Bakteri

Ciri-Ciri, Perkembangbiakan Dan Manfaat Bakteri
Ciri-Ciri, Perkembangbiakan Dan Manfaat Bakteri
  • Bakteri ialah mikroorganisme uniseluler prokariotik ( inti selnya tidak mempunyai membran/selaput inti ) yang mempunyai diding sel menyerupai tumbuhan namun umumnya tidak berklorofil 
  • Bakteri bersifat kosmopolitan lantaran merupakan makhluk hidup yang  paling banyak jumlahnya dan tersebar luas hampir di tiruana tempat menyerupai di masakan , tanah, air, udara, dalam badan makhluk hidup dan bahkan di tempat yang sangat ekstrim menyerupai di dalam magma.



Ciri-ciri Bakteri Bakteri : 

1. Organisme uniselluler ( tubuhnya terdiri atas satu sel saja )
2. Prokariot (tidak mempunyai membran inti sel )
3. Umumnya tidak mempunyai klorofil
4. Memiliki ukuran badan rata-rata 1 s/d 5 mikron.
5. Memiliki bentuk badan yang beraneka ragam
6. Hidup bebas atau parasit
7. Yang hidup di lingkungan ekstrim menyerupai pada mata air kepanasan,kawah/magma atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan
8. Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan


Struktur Bakteri :

Struktur kuman terbagi menjadi dua yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir tiruana jenis bakteri)
Meliputi: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan
2. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis kuman tertentu)
Meliputi kapsul, flagelum, pilus, fimbria, klorosom, Vakuola gas dan endospora.


Struktur  Dasar Bakteri :
1. Dinding sel
tersusun dari peptidoglikan yaitu adonan protein dan polisakarida (ketebalan peptidoglikan membagi kuman menjadi kuman gram positif bila peptidoglikannya tebal dan kuman gram negatif bila peptidoglikannya tipis). 

2. Membran plasma 
ialah membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid dan protein. Di belahan dalam membran plasma terdapat lekukan-lekukan yang disebut mesosom.

3. Mesosom
Daerah  belahan dalam membran plasma yang mengalami lipatan. Fungsinya diduga sebagai organel respirasi sel. berarti mesosom menggantikan peranan organel mitikondria pada sel eukariotik. Namun keberadaan mesosom itu sendiri masih diperdebatkan hingga sekarang. 

4. Sitoplasma 
ialah cairan sel.  di dalam sitoplasma terdapat organel-organel dari sel menyerupai ribosom, mitokondria, retikulum endoplasma, dan lain sebagainya.

5. Ribosom 
ialah organel yang tersebar dalam sitoplasma berbentuk bulat-bulat kecil, tersusun atas protein dan RNA. Fungsinya untuk sintesa protein


6. Granula penyimpanan
untuk menyimpan cadangan masakan yang dibutuhkan.


Struktur tambahan kuman :

1. Kapsul atau lapisan lendir 
ialah lapisan di luar dinding sel pada jenis kuman tertentu, bila lapisannya tebal disebut kapsul dan bila lapisannya tipis disebut lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir tersusun atas polisakarida dan air. 

2. Flagelum atau bulu cambuk 
ialah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Bentuknya menyerupai cambuk

3. Pilus dan fimbria 
ialah struktur berbentuk menyerupai rambut halus yang menonjol dari dinding sel, pilus menyerupai dengan flagelum tetapi ludang kecepeh pendek, kaku dan berdiameter ludang kecepeh kecil dan tersusun dari protein dan hanya terdapat pada kuman gram negatif. Fimbria ialah struktur homogen pilus tetapi ludang kecepeh pendek daripada pilus. 

4. Klorosom 
ialah struktur yang berada sempurna dibawah membran plasma dan mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk proses fotosintesis. Klorosom hanya terdapat pada kuman yang melaksanakan fotosintesis. 

5. Vakuola gas 
terdapat pada kuman yang hidup di air dan berfotosintesis. 

6. Endospora 
ialah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis kuman gram positif yang terbentuk bila kondisi lingkungan tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein dan mengakibatkan endospora tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi dan zat kimia. Jika kondisi lingkungan menguntungkan endospora akan tumbuh menjadi sel kuman baru.


Bentuk Bakteri
Bentuk dasar kuman terdiri atas bentuk bundar (kokus), batang (basil),dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil. Berbagai macam bentuk kuman : 

1. Bakteri Kokus :

a.Monokokus yaitu berupa sel kuman bundar tunggal

b.Diplokokus yaitu dua sel kuman bundar yang berdempetan 

c.Tetrakokus yaitu empat sel kuman bundar yang berdempetan berbentuk segi empat. 

d.Sarkina yaitu delapan sel kuman bundar yang berdempetan membentuk kubus 

e. Streptokokus yaitu ludang kecepeh dari empat sel kuman bundar berdempetan membentuk rantai. 

f. Stapilokokus yaitu ludang kecepeh dari empat sel kuman kokus berdempetan menyerupai buah anggur

2. Bakteri Basil :

a. Monobasil yaitu berupa sel kuman batang tunggal

b. Diplobasil yaitu berupa dua sel kuman batang yang berdempetan 

c. Streptobasil yaitu beberapa sel kuman basil berdempetan membentuk rantai

3. Bakteri Spirilia :

a. Spiral yaitu bentuk sel bergelombang

b. Spiroseta yaitu bentuk sel menyerupai sekrup

c. Vibrio yaitu bentuk sel menyerupai tanda baca koma



Alat Gerak Bakteri 

Alat gerak pada kuman berupa flagellum atau bulu cambuk ialah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Flagellum memungkinkan kuman bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya. Flagellum mempunyai jumlah yang berbeda-beda pada kuman dan letak yang berbeda-beda pula yaitu :
A. Monotrik B. Lofotrik C. Lofotrik D. Peritrik








a. Atrik, tidak mempunyai flagel.
b. Monotrik, mempunyai satu flagel pada salah satu ujungnya.
c. Lofotrik, mempunyai sejumlah flagel pada salah satu ujungnya.
d. Amfitrik, mempunyai flagel pada kedua ujungnya.
e. Peritrik, mempunyai flagel pada seluruh permukaan tubuhnya.






Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Pertumbuhan pada kuman mempunyai arti perbanyakan sel dan peningkatan ukuran populasi. Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kuman atau kondisi untuk pertumbuhan optimum ialah :

1. Suhu
2. Derajat keasaman atau pH
3. Konsentrasi garam
4. Sumber nutrisi
5. Zat-zat sisa metabolisme
6. Zat kimia

Hal tersebut diatas bervariasi berdasarkan spesies bakterinya.misalnya berdasarkan kisaran suhu tempat hidupnya kuman dibagi menjadi 4 golongan : 

a. Bakteri psikrofil, yaitu kuman yang hidup pada kawasan suhu antara 0°– 30 °C
b. Bakteri mesofil, yaitu kuman yang hidup di kawasan suhu antara 15° – 55 °C
c. Bakteri termofil, yaitu kuman yang sanggup hidup di kawasan suhu tinggi antara 40° – 75 °C
d. Bakteri hipertermofil, yaitu kuman yang hidup pada kisaran suhu 65 - 114 °C

Penggolongan kuman berdasarkan sumber oksigen yang dibutuhkan dalam proses respirasi. Bakteri itu dikelompokan sebagai memberikankut :

a. Bakteri aerob, yaitu kuman yang memakai oksigen bebas dalam proses respirasinya. Misal: Nitrosococcus, Nitrosomonas dan Nitrobacter. 
b. Bakteri anaerob, yaitu kuman yang tidak memakai oksigen bebas dalam proses respirasinya. Misal: Streptococcus lactis 
c. Bakteri aerob obligat, yaitu kuman yang hanya sanggup hidup dalam suasana mengandung oksigen. Misal: Nitrobacter dan Hydrogenomonas. 
d. Bakteri anaerob obligat, yaitu kuman yang hanya sanggup hidup dalam suasana tanpa oksigen. Misal: Clostridium tetani.  Bakteri ini penyebab penyakit tetanus, oleh lantaran itu orang yang mengenai tetanus dimemberikankan udara yang kaya oksigen untuk mempercepat proses penyembuhannya.
e. Bakteri anaerob fakulatif, yaitu kuman yang sanggup hidup dengan atau tanpa oksigen. Misal: Escherichia coli, Salmonella thypose dan Shigella. 

Penggolongan kuman berdasarkan cara mendapat masakan :

a. Bakteri heterotrof
yaitu kuman yang tidak sanggup menciptakan masakan sendiri. Bakteri heterotrof dibagi lagi menjadi 2 yaitu kuman saprofit dan parasit. Bakteri saprofit ialah kuman yang mendapat masakan dari sisa-sisa makhluk hidup menyerupai kotoran, sampah dan bangkai makhluk hidup. Sedangkan kuman benalu memperoleh masakan dari mengambil masakan makhluk hidup inangnya.

b. Bakteri autotrof 
yaitu bakteri yang sanggup menyusun zat masakan sendiri dari zat anorganik yang ada. Dari sumber energi yang digunakannya, kuman autotrof  dibedakan menjadi dua golongan, yaitu: bakteri  fotoautotrof dan kemoautotrof. 
  • Bakteri fotoautrotof  yaitu kuman yang memanfaatkan cahaya sebagai energi untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik melalui proses fotosintesis. Contoh kuman ini adalah: kuman hijau, kuman ungu.
  • Bakteri kemoautrotof adalah kuman yang memakai energi kimia yang diperolehnya pada ketika terjadi perombakan zat kimia dari molekul yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan melepaskan hidrogen. Contoh kuman ini adalah: Nitrosomonas , Nitrosocoocus, Nitrobacter

Cara Perkembangbiakan bakteri

Bakteri umumnya melaksanakan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri. Pembelahan sel pada kuman adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua. 

Reproduksi kuman secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik antara kuman satu dengan kuman lainnya. Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA

Rekombinasi genetik sanggup dilakukan dengan tiga cara yaitu:

1. Transformasi
ialah perpindahan materi genetik berupa DNA dari sel kuman yang satu ke sel kuman yang lain tanpa kontak langsung. Pada proses transformasi ketika sel kuman donor mengalami lisis/hancur akan membuatkan materi genetik ke lingkungan sebagian dari materi genetik akan bergabung dengan materi genetik kuman penerima. Diguga transformasi ini merupakan cara kuman menularkan sifatnya ke kuman lain. Misalnya pada kuman Pneumococci yang mengakibatkan Pneumonia dan pada kuman patogen yang tiruanla tidak kebal antibiotik sanggup menjelma kebal antibiotik lantaran transformasi.



2. Transduksi
ialah pemindahan materi genetik kuman ke kuman lain dengan perantaraan virus. Selama transduksi, sel kuman donor terinfeksi oleh virus kuman / bakteriofage sehinggga kuman mengalami siklis litik yang diakhiri dengan pecahnya sel bakteri/lisis dan mengeluarkan virus-virus gres hasil reproduksi virus dalam sel kuman dan virus-virus gres ini juga membawa materi genetik dari bakteri. Virus-virus baru/bakteriofage yang nonvirulen (menimbulkan siklus lisogen) memindahkan materi genetik/DNA yang dibawanya dan bersatu dengan DNA kuman inangnya. Materi genetik/DNA dari virus ini disebut profag.


3. Konjugasi 
ialah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara eksklusif melalui kontak sel dengan membentuk struktur menyerupai jembatan diantara dua sel kuman yang berdekatan yang disebut pilus. Umumnya terjadi pada kuman gram negatif.


Peranan Bakteri Dalam kehidupan manusia

kuman mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Bakteri yang menguntungkan ialah sebagai memberikankut : 

1. Pembusukan/penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie

2. Pembuatan masakan dan minuman hasil fermentasi contohnya :
  • Acetobacter pada pembuatan asam cuka
  • Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt
  • Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco 
  • Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt. 
3. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai kuman pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tumbuhan kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum.

4. Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus, Nitrosomonas dan Nitrobacter yang berperan dalam proses nitrifikasi mengikat Nitrogen bebas di udara dalam bentuk final ion nitrat yang dibutuhkan tanaman. Proses nitrifikasi bekerjsama terdiri dari dua tahap yaitu :
  • Nitritasi : oksidasi amonia (NH3) menjadi nitrit (NO2-) oleh kuman nitrit. Proses ini dilakukan oleh kelompok kuman Nitrosomonas dan Nitrosococcus.
  • Nitratasi : oksidasi senyawa nitrit menjadi nitrat (NO3-) oleh kuman nitrat. Proses ini dilakukan oleh kelompok kuman Nitrobacter
5. Penghasil antibiotik contohnya ialah :
  • Bacillus polymyxa penghasil antibiotik untuk pengobatan jerawat kuman gram negatif
  • Bacillus subtilis penghasil antibiotik untuk pengobatan jerawat kuman gram positif
  • Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan TBC 
6. Pembuatan zat kimia contohnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum

7. Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan dan makhluk hidup sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya methanobacterium

8. Penelitian rekayasa gennorma dan sopan santun dalam aneka macam bidang.sebagai teladan dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia memberi manfaat yang disintesis oleh bakteri, contohnya enzim, vitamin dan hormon.


Bakteri yang merugikan sebagai memberikankut :

1. Pembusukan masakan contohnya Clostridium botulinum

2. Penyebab penyakit pada insan contohnya :
  • Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC  
  • Vibrio cholerae penyebab kolera atau muntaber
  • Clostridium tetani penyebab penyakit tetanus
  • Mycobacterium leprae penyebab penyakit lepra
3. Penyebab penyakit pada hewan dan makhluk hidup contohnya Bacilluc antrachis penyebab penyakit antraks pada sapi

4. Penyebab penyakit pada tumbuhan budidaya contohnya :
  • Pseudomonas solanacearum penyebab penyakit pada tumbuhan tomat, lombok, terungdll
  • Agrobacterium tumafaciens penyebab tumor pada tumbuhan

Soal-soal Bakteri

1. Bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan tumbuhan polong-polongan memberi manfaat karena...
a. menghaluskan partikel-partikel tanah
b. memecah senyawa organik menjadi anorganik
c. memecah senyawa anorganik menjadi organik
d mengubah nitrogen bebas menjadi nitrat
e. mengubah nitrat menjadi nitrogen bebas

2. Makhluk hidup yang sanggup menguraikan sampah organik yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai ialah ....
a kuman dan j amur
b. kuman dan ganggang
c. jamur dan rayap
d. ganggang dan cacing tanah
e. cacing tanah dan ulat

3. Jenis kuman di bawah ini yang menibulkan penyakit ialah ....
a Treponema pallidum
b. Acetobacter xylinum
c. Zymomonas mobilis
d. Bacillus licheniformis
e. Rhizobium sp.

4. Bentuk dasar kuman ditentukan oleh ....
a. kapsul
b. kapsid
c. fnembran sel
d. flagela
e dinding sel

5. Bakteri yang tumbuh baik pada suhu rendah dibawah 20°C ialah....
a. halofil
b. asidofil
c. mesofil
d. psikrofil
e. termofil

6. Bakteri di bawah ini yang tidak terlibat dalam pembuatan yogurt ialah ....
a. Lactobacillus bulgaricus
b. Lactobacillus acidophilus
c. Streptococcus thermophillu
d. Lactobacillus lactis
e Bacillus licheniformis

7. Kandungan spesifik dinding sel kuman ialah....
a.peptidoglikan
b.pektin
c.selulosa
d.lignin
e.kitin

8. Persamaan antara kuman dan Chynophyta antara lain bahwa keduanya ....
a. tidak mempunyai materi inti sel
b tidak mempunyai membran inti sel
c. tidak mempunyai dinding sel
d. tidak mempunyai membran sel
e. tidak mempunyai kromosom

9. Bakteri pengikat nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan polong-polongan ialah....
a. Azotobacter
b. Nitrobacter
c. Clostridium
d Rhizobium
e. Nitrosomonas

10. ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan mikroorganisme disebut ...
a mikrobiologi
b. bakteriologi
c. mikologi
d. virology
e. bioteknologi

11. Semua organisme yang termasuk dalam kingdom monera mempunyai ciri ...
a. Berkoloni
b. Autotrof
c. heterotrof
d. prokariot
e. eukariot

12. Suatu makluk hidup bersel tunggal, tidak berklorofil, sanggup menciptakan masakan sendiri dan bila lingkungan tidak sesuai sanggup menciptakan endospora. Didasarkan atas sifat tersebut kita sanggup menarik kesimpulan bahwa makhluk hidup tadi ialah ...
a. Virus
b. Bakteri
c. protista
d. alga biru
e. protozoa

13. Perhatikan bentuk kuman di bawah ini!
Nama bentuk koloni kuman ialah ...
a. Monobacil

b. Diplococcus

c. sarcina

d. diplobasil

e. streptocoocus





14. Manakah dari pasangan yang benar antara nama kuman dengan kiprahnya
a Diplococus pneumonia - Radang Paru paru
b Vibrio comma - pes / sampar
c. Shigela disentri - muntaber
d. Clostridium pasteurianum - tetanus
e. Myxobacterium dipteriae - TBC

15. Diplococus pneumonia ialah penyebab penyakit pneumonia (paru-paru) pada manusia. Dari namanya sanggup dipastikan kuman tersebut berbentuk...
a. Bacillus
b. Vibrion
c. Diplococus
d. Spirilllium
e. Monobacilus
16. Dinding sel kuman mempunyai struktur yang disebut ...
a. selubung lendir
b. kapsid
c. peptidoglikan
d. lipoprotein
e. fosfolipid

17. Bakteri yang mempunyai lapisan peptidoglikan yang tebal pada dinding selnya disebut ...
a. Gram positip
b. Gram negatif
c. heterotrof
d. autotrof
e. patogen

18. Selubung lendir yang melapisi belahan luar dari dinding sel, dimanfaatkan kuman untuk ...
a. berkembang biak
b. melekatkan diri pada inangnya
c. mengakibatkan penyakit
d. Membusukkan masakan
e. Menguraikan masakan

19. Manakah dari pernyataan ini yang tidak termasuk struktur dasar bakteri?
a. DNA
b. Ribosom
c. Dinding sel
d. flagel
e. sitoplasma

20. Fungsi pilli pada kuman adakah ....
a. sebagai alat reproduksi sexual
b. sebagai pertahanan diri dalam lingkungan yang jelek
c. sebagai alat gerak
d. sebagai alat untuk menempel pada inangnya
e. sebagai alat untuk bernapas

21. Bakteri yang hidup dengan cara memanfaatkan sisa-sisa produk menghilangkanan organisme disebut ...
a. Heterotrof
b. Autotrof
c. benalu
d. saprofit
e. aerob

22. Kelompok kuman yang tidak mempunyai lapisan peptidoglikan, sanggup hidup pada tempat yang terlalu ekstrim, dan mempunyai lipopolisakarida pada dinding selnya termasuk dalam kelompok ...
a. Eukariota
b. Prokariota
c. Archaebacteria
d. Eubacteria
e. Monera

23. Bakteri halofil merupakan kuman yang sanggup hidup pada lingkungan ekstrin yang sangat ...

a. kepanasan
b. Dingin
c. Asin
d. asam
e. bagus

24. Untuk memperbanyak diri kuman melaksanakan reproduksi dengan cara ...
a. pembelahan biner
b. transformasi
c. transduksi
d. konjugasi
e. replikasi

25. Perkembangbiakan kuman secara konjugasi dilakukan dengan tujuan ...
a. memperbanyak diri
b. melestarikan jenisnya
c. membentuk variasi genetik
d. Memecah diri
e. Menyebabkan penyakit

26. Bakteri yang mengakibatkan penyakit raja singa (Gonosshoe) ialah ...
a. Neischeria gonorrhoe
b. Treponema palidum
c. Bacilus antrachis
d. Vibrio cholerae
e. Escherisia coli

27. Bakteri yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan yogurth ialah ...
a. Lactobacillus bulgaris
b. Rhyzobium leguminosorum
c. Pseudomonas solancearum
d. Nitrosomonas sp
e. Bacilus polymixa

28. Untuk mengatasi serangan kuman yang merugikan pada materi masakan ikandapat dilakukan dengan cara ...
a. Pasterurilisasi
b. Pengasinan
c. pemanisan
d. sterilisasi
e. pengapuran

29. Untuk menghindari penyakit TBC / Tuberculosis dilakukan dengan pemmemberikanan vaksin ..
a. BCG
b. Vaksin tifus
c. DPT
d. Vaksin kolera
e. Vaksin tifus

30. Kelompok penyakit dibawah ini disebabkan yang disebabkan oleh kuman ialah ....
a. Influenza, cacar, rabies
b. Gonorhoe, TBC, sifilis
c. Trachoma, cacar, rabies
d. Kolera, sifilis, TBC
e. Kolera, rabies, kanker
Advertisement

Iklan Sidebar