'/> Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara - Pendiri, Sejarah Terbentunya, Dan Raja

Info Populer 2022

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara - Pendiri, Sejarah Terbentunya, Dan Raja

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara - Pendiri, Sejarah Terbentunya, Dan Raja
Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara - Pendiri, Sejarah Terbentunya, Dan Raja
Sejarah Kerajaan Tarumanegara berlangsung selama beberapa abad, mulai dari kala 4 masehi hingga pada kala 7 masehi. Selama kurang ludang kecepeh tiga kala tersebutlah Kerajaan Tarumanegara memasuki masa kejayaan di bawah aneka macam pemimpin yang saling bergantian mengomando langkah kerajaan tersebut. Jika ditelisik ludang kecepeh dalam, sesungguhnya keberadaan Kerajaan Tarumanegara ini yaitu satu dari dua kerajaan yang paling tua. Hal tersebut didasarkan pada aneka macam macam faktor, salah satunya yaitu artefak artefak yang tersisa memperlihatkan tahun tahun yang ludang kecepeh berlalu dan silam daripada kerajaan kerajaan lain yang ditemukan di wilayah Indonesia ini.

Pendiri Kerajaan Tarumanegara

 Selama kurang ludang kecepeh tiga kala tersebutlah Kerajaan Tarumanegara memasuki masa kejayaan di Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara - Pendiri, Sejarah Terbentunya, dan Raja

Secara ludang kecepeh rinci, Kerajaan Tarumanegara bangun pertama kali pada tahun 358 masehi. Pendirinya yaitu Rajadirajaguru Jayasingawarman. Hal tersebut diungkap dalam naskah wangsakerta. Meski dikatakan sebagai kerajaan renta yang ditemukan, namun fakta lain mengungkapkan bahwa keberadaan Tarumanegara ini yaitu kelanjutan dari Kerajaan Salakanegara. Namun, tak banyak ulasan yang membahas soal kerajaan tersebut.

Jika ditinjau dari segi geografis seluruh wilayah Indonesia, memang Kerajaan Tarumanegara bukanlah yang paling tua, alasannya yaitu dari sumber yang paling fundamental saja, Kerajaan Kutai yaitu yag paling renta yang ditemukan. Namun, misteri Sejarah Kerajaan Tarumanegara ini juga cukup panjang dan melelahkan untuk dibahas, alasannya yaitu Kerajaan Tarumanegara yaitu yang paling renta untuk wilayah Jawa Barat. Beberapa prasasti yang ditemukan memperlihatkan hal tersebut.

Sejarah Terbentuknya Kerajaan Tarumanegara

Sebagaimana yang telah diungkapkan di atas bahwa Kerajaan Tarumanegara sebelumnya yaitu Kerajaan Salakanegara yang memberikanbukota di wilayah Rajatapura. Kemudian pada saat  Kerajaan Salakanegara telah berubah pemerintahan dan dikuasai oleh Tarumanegara maka ibukotanya berubah ke Tarumanegara. Sedangkan untuk wilayah Salakanegara hanya menjadi kerajaan daerah. Untuk ludang kecepeh terperinci secara geografis, Kerajaan Tarumanegara ini berada di antara wilayah Banten dan Bogor.

Menurut aneka macam sumber, Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan yang cukup kuat. Kerajaan tersebut bahkan mempunyai aneka macam kawasan kekuasaan. Sebagaimana yang disebutkan dalam Prasasti Tugu tahun 417 masehi, Kerajaan Tarumanegara telah berhasil mengakibatkan beberapa kawasan sebagai wilayah kekuasaan. Daerah kawasan tersebut antara lain Banten, Bogor, Jakarta, serta Cirebon. Dari aneka macam wilayah kekuasaan tersebut, kesudahannya dihasilkan Sejarah Kerajaan Tarumanegara yang cukup panjang.

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa kerajaan Tarumanegara mempunyai sejarah perjalanan yang sangat panjang, maka terperinci kerajaan tersebut mempunyai banyak pemimpin yang saling bergantian memimpin kerajaan tersebut hingga menjadi salah satu kerajaan yang paling makmur pada zamannya.

Pemimpin Kerajaan Tarumanegara

Dalam Sejarah Kerajaan Tarumanegara disebutkan bahwa ada raja yang berjulukan Jayasingawarman. Raja ini cukup populer, alasannya yaitu ia yaitu raja yang mendirikan Kerajaan Tarumanegara. Jayasingawarman bukanlah seorang yang biasa, ia yaitu maharesi dari Salankayana di  India yang pada ketika itu mengungsi ke wilayah nusantara, alasannya yaitu kawasan mereka tinggal sedang tidak aman.

Dalam aneka macam sumber, disebutkan bahwa Raja Jayasingawarman ini memerintah Tarumanegara hingga pada tahun 382 masehi. Setelah itu pemerintahannya diganti oleh Dharmayawarman. Dia yaitu anak dari Jayasingawarman. Namunm, ia tidak usang memerintah, hanya hingga pada tahun 395 masehi. Hal tersebut memperlihatkan bahwa pemerintahan Dharmayawarman ini hanya hingga 13 tahun saja, sangat sedikit jikalau dibandingkan dengan pemerintahan pemerintahan yang dilakukan oleh orang lain.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara memang sangat menarik jikalau diulas secara mendalam. Kerajaan ini menyimpan aneka macam macam misteri yang belum terpecahkan. Ditambah taktik macam apa yang mereka gunakan untuk sanggup memepertahankan sebuah kerajaan hingga turun temurun aneka macam macam generasi. Oleh alasannya yaitu itu, tetap cintai sejarah Indonesia.
Advertisement

Iklan Sidebar