'/> Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika Ii

Info Populer 2022

Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika Ii

Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika Ii
Rangkuman Rumus Fisika : Mekanika Ii
Artikel ini yakni lanjutan artikel saya sebelumnya wacana rangkuman rumus2 fisika wacana mekanika :


Sebelum kalian melanjutkan mengCopy rangkuman di bawah ini.... saya ingin membuatkan tips dan trik dalam mengerjakan soal FISIKA... yaitu soal perbandingan. Dalam perbandingan ada 2 kemungkinan :
  1. Berbanding lurus
  2. Berbanding terbalik

berbanding lurus artinya antara besaran yang dibandingkan jikalau besaran yang satu bertambah maka besaran yang lain juga bertambah dan sebaliknya jikalau besaran yang satu bertambah besaran yang lain juga berkurang.

berbanding terbalik artinya antara besaran yang dibandingkan jikalau besaran yang satu bertambah maka besaran yang lain berkurang dan sebaliknya jikalau besaran yang satu berkurang besaran yang lain bertambah.

sebagai teladan rumus kecepatan :






kecepatan = jarak dibagi waktu

antara jarak dan kecepatan berbanding lurus....artinya dalam waktu ( t ) yang sama jikalau jaraknya bertambah maka kecepatannya juga bertambah begitu pula dengan kebalikannya.... jikalau jaraknya berkurang maka kecepatannya juga berkurang.







perhatikanlah susunan 1 dan 2 nya... Satu ( 1 ) artinya sebelum terjadi perubahan sedangkan dua ( 2 ) artinya sehabis terjadi perubahan....

lalu...., antara waktu dan kecepatannya berbanding terbalik.... artinya untuk menempuh jarak ( s ) yang sama jikalau waktunya bertambah maka kecepatannya berkurang dan sebaliknya jikalau waktunya berkurang maka kecepatannya bertambah.







dapatkah kalian mengamati perbedaan susunan perbandingan antara yang berbanding lurus dengan yang berbanding terbalik...??

jadi yang dibandingkan yakni besaran yang skornya mengalami perubahan... sedangkan yang skornya tetap tidak perlu ditulis dalam perbandingan....

dan sanggup jadi besaran yang mengalami perubahan ludang keringh dari dua besaran.... cara penyusunan perbandingannya tergantung berbanding lurus atau terbalik atau kombinasinya... yang dihubungkan dengan tanda kali...






Jika dalam rumus ada tanda akar atau kuadrat maka juga dimasukkan dalam perbandingan.... sebagai teladan rumus gaya grafitasi di bawah ini :






sanggup disusun perbandingan anrata Gaya grafitasi dan  perubahan jaraknya sebagai diberikut :







Gaya grafitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya... disusun menjadi :







Contoh :
Jika suatu benda di permukaan bumi memiliki gaya grafitasi F maka gaya grafitasi benda tersebut di atas permukaan bumi setinggi dua kali jari2 bumi adalah...?

sebab di permukaan bumi maka R1 = R (jari2 bumi) sedangkan R2 yang berada pada ketinggian 2R dari permukaan memiliki skor R2 = 3R ( ingat jarak dihitung dari sentra bumi.... )





Semoga berkhasiat.... :)

Selanjutnya lanjutan dari rangkuman rumus-rumus mekanika saya sajikan di bawah ini...















Aku sarankan kalian tidak hanya mengCopy rumus2 di atas tapi kalian tulis ulang dengan goresan pena tanganmu sendiri dan jikalau perlu kalian diberi keterangan2 tambahan sehingga menjadi ludang keringh paham dan praktis dipelajari....
Advertisement

Iklan Sidebar